Sabtu, 24 November 2012

13 Mitos dan Fakta Seputar Angka 13

13 Mitos dan Fakta Seputar Angka 13


Menurut legenda, kepercayaan tentang angka 13 dianggap membawa kesialan berasal dari ajaran kuno yang bernama Kabbalah yang biasa dianut oleh bangsa Yahudi.
2. Phobia pada angka 13 disebut "triskaidekaphobia".
3. Ada tiga belas peserta pada Perjamuan Terakhir. Tradisi menyatakan bahwa Yudas Iskariot, murid yang mengkhianati Yesus, adalah orang ke-13 yang duduk di meja.
4. Jumlah dewa Norse (ada 12) di sebuah perjamuan yang dihancurkan oleh dewa jahat Loki (menjadikannya 13) yang membunuh Baldr dengan panah / tombak terbuat dari mistletoe menggunakan Hodr, menandai awal Ragnarok.
5. Jumlah koloni yang membentuk Amerika Serikat. Bendera asli memiliki tiga belas bintang, satu untuk masing-masing negara. Bintang baru telah ditambahkan setiap kali negara baru bergabung ke serikat, tetapi gagasan menambahkan garis-garis untuk negara baru itu segera dihilangkan, sehingga bendera Amerika sampai hari ini memiliki garis-garis horizontal tiga belas: enam yang putih dan tujuh yang merah.

6. Friday the 13th merupakan serial film horor paling laris di dunia saat ini (pendapatan USD 614 Milyar).
7. Peristiwa buruk berhubungan dengan angka 13 juga menimpa Apollo 13 yang diluncurkan 11 April 1970 jam 13:13. Peluncuran bukan tanggal 13, tapi penjumlahan angka tanggal itu adalah 13 (1 + 1 + 4 + 7 + 0)
8. Sebuah kapal Inggris yang diberi nama Friday the 13th, berlayar pada Jumat tanggal 13 yang kemudian tak diketahui lagi kabar rimbanya.
9. Di Indonesia, peristiwa besar yang terjadi pada hari Jumat tanggal 13 November 1998 adalah puncak dari Tragedi Semanggi 1 yang bermula dari aksi protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agenda Sidang Istimewa dan mengakibatkan tewasnya warga sipil.
10. Kartu Tarot jumlahnya 13 dan Kartu Remi jumlahnya juga 13 (As, 2-9, Jack, Queen, King).
11. Ternyata penyisipan simbol angka 13 terbesar terjadi kepada lambang Negara Amerika Serikat. The Seal of United States of America yang terdiri dari dua sisi (Burung Elang dan Piramida Illuminati) sarat dengan angka 13.

Inilah buktinya:
* 13 bintang di atas kepala Elang membentuk Bintang David.
* 13 garis di perisai atau tameng burung
* 13 daun zaitun di kaki kanan burung
* 13 butir zaitun yang tersembul di sela-sela daun zaitun
* 13 anak panah
* 13 huruf yang membentuk kalimat “Annuit Coeptis”
* 13 huruf yang membentuk kalimat “E Pluribus Unum”
* 13 lapisan batu yang membentuk piramida
* 13 X 9 titik yang mengitari bintang David di atas kepala elang
12. Logo-logo perusahaan besar Amerika Serikat juga mengandung angka 13 seperti logo McDonalds, Arbyss, Startrek. Com, Westel, dan sebagainya. Angka 13 bisa dilihat jika logo-logo ini diputar secara vertikal.
13. Markas besar Microsoft disebut sebagai The Double Thirteen atau Double-13, sesuai dengan logo Microsoft yang dibuat menyerupai sebuah jendela (Windows), padahal sesungguhnya itu merupakan angka 1313.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Welcome To Prastyo Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger